close
loading...

Contoh Sekripsi Teknik Informatika Terbaru - Analisis Wimax Dan Mimo Dalam Perkembangan Telkomunikasi

ANALISIS IMPLEMENTASI WiMAX DAN MIMO DALAM PERKEMBANGAN TELEKOMUNIKASIDI KOTA BATAM

PENGAJUAN PROPOSAL SKRIPSI








Oleh:
ABD. ABAS
110210148








PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS PUTERA BATAM
2014 - 2015

ANALISIS IMPLEMENTASI WiMAX DAN MIMO DALAM PERKEMBANGAN TELEKOMUNIKASIDI KOTA BATAM

PENGAJUAN PROPOSAL SKRIPSI

Untuk memenuhi salah satu syarat
guna memperoleh gelar Sarjana


 


Oleh
ABD. ABAS
110210148






PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS PUTERA BATAM
2014 - 2015
PERNYATAAN
Dengan ini saya menyatakan bahwa :
1.      Skripsi ini adalah asli dan belum pernah diajukan untuk mendapatkan gelar akademik (sarjana, dan/atau magister), baik di Universitas Putera Batam maupun di perguruan tinggi lain.
2.      Skripsi ini adalah murni gagasan, rumusan, dan penelitian saya sendiri, tanpa bantuan pihak lain, kecuali arahan pembimbing.
3.      Dalam skripsi ini tidak terdapat karya atau pendapat yang telah ditulis atau dipublikasikan orang lain, kecuali secara tertulis dengan jelas dicantumkan sebagai acuan dalam naskah dengan disebutkan nama pengarang dan dicantumkan dalam daftar pustaka.
4.      Pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya dan apabila di kemudian hari terdapat penyimpangan dan ketidakbenaran dalam pernyataan ini, maka saya bersedia menerima sanksi akademik berupa pencabutan gelar yang telah diperoleh, serta sanksi lainnya sesuai dengan norma yang berlaku di perguruan tinggi.


Batam, …………………..//”tanggal sebelum sidang”
Yang membuat pernyataan,
Materai Rp 6.000,00

ABD. ABAS
  110210148


ANALISIS IMPLEMENTASI WiMAX DAN MIMO DALAM PERKEMBANGAN TELEKOMUNIKASIDI KOTA BATAM

Oleh
ABD. ABAS
110210148

PROPOSAL PENGAJUAN SKRIPSI


 

Untuk memenuhi salah satu syarat
guna memperoleh gelar Sarjana

Telah disetujui oleh Pembimbing pada tanggal
seperti tertera di bawah ini

Batam, …………………//”tanggal sebelum sidang”













.………………………………
Pembimbing

KATA PENGANTAR
Segala puji bagi ALLAH SWT yang telah melimpahkan segala rahmat dan karuniaNya, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan tugas akhir yang merupakan salah satu persyaratan untuk menyelesaikan program studi strata satu (S1) pada Program Studi Teknik Informatika Universitas Putera Batam.
Penulis menyadari bahwa skripsi ini masih jauh dari sempurna. Karena itu, kritik dan saran akan senantiasa penulis terima dengan senang hati. Dengan segala keterbatasan, penulis menyadari pula bahwa skripsi ini takkan terwujud tanpa bantuan, bimbingan, dan dorongan dari berbagai pihak. Untuk itu, dengan segala kerendahan hati, penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada:
1. Rektor Universitas Putera Batam.
2. Ketua Program Studi Teknik Informatika
3. …………... selaku pembimbing Skripsi pada Program Studi Teknik Informatika Universitas Putera Batam.
4. Dosen dan Staff Universitas Putera Batam
5. ……………………………….
6. .......................................
7. .................................................................
8. ....................................................................................
Semoga ALLAH SWT membalas kebaikan dan selalu mencurahkan hidayah serta taufikNya, Amin.
Batam, Oktober, 2014
Penulis

ABSTRACT
The purpose of this study is to provide an overview of the technology
WiMAX in Batam. WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access)
is a wireless networking technology that has the ability to deliver the data
up to speeds of 70 Mbps and a range of up to 50 km, is expected to
overcome the limitations of the Internet network equalization in Batam. In this study discussed the implementation of WiMAX include technical and business analysis.
In accordance with the regulations stipulated by the Director General of Post and Telecommunications Ministry of Communications and Information Technology, WiMAX in Batam operating in 2300-2390 MHz frequency. For business analysis, implementation of WiMAX simulation with two different scenarios, the first scenario is the implementation of WiMAX in Batam Center and the second scenario is the implementation of WiMAX in Batu Aji. From the simulation results, the second scenario WiMAX implementations showed positive  esults. This shows the implementation of WiMAX in Batam has a bright future.

Keywords: WiMAX, Broadband Wireless Access (BWA), Telecommunications









BAB 1
 PENDAHULUAN
1.1.  Latar Belakang Penelitian
Salah satu teknologi terbaru yang berkembang sekarang ini adalah teknologi WiMAX dengan standar nirkabel IEEE 802.16X-2004. WiMAX merupakan suatu platform yang digunakan pada Metropolitan Area Network (MAN) yang sebelumnya menggunakan fiber optic, GSB, FSL. Ini merupakan salah satu bentuk teknologi nirkabel yang sedang menjadi pusat perhatian operator telekomunikasi, pebisnis maupun pengguna internet di dunia.
Worldwide Interoperability for Microwave Access (WiMAX) hadir sebagai solusi keterbatasan akses pada Wi-Fi yang notabene memang dirancang untuk pemakaian dalam ruang. Teknologi yang menggunakan OFDM ini mampu memberikan layanan data berkecepatan hingga 70 Mbps dalam radius 50 km. Radius yang cukup untuk menjadikan WiMAX sebagai jaringan telekomunikasi broadband menggantikan teknologi fixedline. Jika dibandingkan dengan fixedline biaya instalasi jaringan WiMAX jauh lebih murah.
WiMAX datang untuk menjawab permasalahan yang ada di sektor broadband. Ketika telepon dan jaringan lokal mulai beranjak ke sistem nirkabel, akses broadband untuk bisnis atau perumahan masih cenderung mengandalkan kabel untuk penyaluran datanya. Jelas hal ini merugikan operator sekaligus konsumen yang ada di luar jangkauan kabel tersebut. Seiring berkembangnya teknologi WiMAX yang semakin pesat maka dibutuhkan teknologi yang mampu mengoptimalisasi kinerja WiMAX. MIMO merupakan salah satu teknologi yang sangat penting dalam pengembangan WiMAX. MIMO adalah singkatan dari Multiple Input dan Output, teknologi ini menggunakan beberapa antena pada transmitter dan beberapa antenna pada receiver.
MIMO sangat berperan penting dalam spesifikasi nirkabel saat ini, yang termasuk dalam kelompok IEEE 802.11n, IEEE 802.16e, dan LTE. Dalam penggunaan MIMO digunakan beberapa kode untuk optimasinya. Kode yang telah digunakan adalah Spatial Multiplexing (SM) dan kode Alamouti yang digunakan berdasarkan spesifikasi IEEE 802.16e. Tapi dalam perkembangannya ada kode yang lebih efisien dalam hal full-diversity full-rate codes, yaitu Golden Code yang masih dalam pembahasan dan telah diusulkan untuk evolusi standar masa depan. Namun, maksimum likelihood (ML) seperti decoding kode ini masih belum layak untuk implementasi praktis. Inilah hal yang mendasari perencanaan pembuatan tugas akhir yang menganalisis kelebihan Golden Code dengan Spatial Multiplexing sehingga siap dan layak untuk diterapkan pada Mobile WiMAX.





1.2.  Identifiakasi Masalah
Dengan pesatnya perkembangan teknologi pada saat ini, masyarakat terutama di kota batam ini yang mau tidak mau harus menggunakan internet untuk kebutuhan pekarjaan maupun kebutuhan lainnya, dengan mengimplementasikan wimax di kota batam ini, maka akan mempermudah masyarakat kota batam dalam mengaskses internet. Hanya dengan menggunakan Smartphone atau komputer dan laptop yang memiliki fasilitas WIFI sudah bisa menggunakan jaringan nirkabel yang di sebut WiMax ini.

1.3.  Pembatasan Masalah
Dalam Pembahasan ini Penulis akan membatasi pembahasan penelitian sebagai berikut: Analisis Implementasi Wimax dan MIMO Dalam Perkembangan Telekomunikasi Di Kota Batam

1.4.  Perumusan Masalah
a.    Bagaimana Implementasi Wimax Dalam Perkembangan Telekomunikasi Di Kota Batam
b.    Bagaimana Implementasi MIMO Dalam Perkembangan Telekomunikasi Di Kota Batam



1.5.  Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah dengan melakuan Analisis tentang Implementasi Wimax dan MIMO Dalam Perkembangan Telekomunikasi di kota batam ini agar pekembangan teknologi WiMax dapat dengan mudah di kenali masyarakat terutama di kota batam. Dan dengan melakuakn penelitian tentang Analisis Implementasi Wimax  dan MIMO Dalam Perkembangan Telekomunikasi ini masyarakat ataupun perusahaan yang membutuhkan jaringan internet, jaringan WiMax ini juga bisa menjadi Solusi sebagai Prangkat yang evisien dan evektif untuk di gunakan.
Dalam jaringan WiMax ini juga tidak memakan biaya yang tinggi dan tidak memerlukan perawatan sesulit teknologi fixedline. Sehingga mudah di operasikan oleh kalangan bawah atau pun menengah, dan berharap dengan jaringan WiMax bisa bermanfaat bagi semua kalangan yang kehususnya di kota batam ini.

1.6.  Manfaat Penelitian

Dengan melakukan penelitian tentang Bagaimana Implementasi Wimax Dan Mimo Dalam Perkembangan Telekomunikasi di kota batam. Diharapkan masyarakat kota batam akan dengan mudah mengikuti perkembangan teknologi saat ini yang sangat pesat, dan masyarakat kota batam bisa memanfaat kan untuk keperluan bisnis ataupun komunikasi, dengan saling menguntungkan dalam pihak yang bersangkutan.
BAGIKAN ARTIKEL INI JIKA BERMANFAAT:
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih
loading...