close
loading...

Legendaris Sang Master Yoga B. K. S. Iyengar



B. K. S. Iyengar, atau Bellur Krishnamachar Sundararaja Iyengar (lahir 14 Desember 1918 – meninggal 20 Agustus 2014 pada umur 95 tahun) adalah pendiri Iyengar Yoga dan salah satu pelatih yoga terkenal di dunia. Ia menulis berbagai buku tentang praktik yoga dan filosofi meliputi Light on Yoga, Light on Pranayama, dan Light on the Yoga Sutras of Patanjali.

Legendaris Sang Master Yoga B. K. S. Iyengar  Asal India - Dia adalah BKS Iyengar salah satu orang pencipta aliran yoga yang banyak digunakan di seluruh dunia bernama Iyengar Yoga. Tepat pada 14 Desember ia berulangtahun ke 97 tahun.

Iyengar, yang memiliki nama lengkap Bellur Krishnamachar Sundararaja Iyengar ini, terlahir dalam sebuah keluarga miskin di selatan India. Ia merupakan satu dari 13 anak yang dilahirkan ibunya, namun yang bisa bertahan hidup hanya 12.
Saat kecil, Iyengar mudah sekali sakit-sakitan. Ia banyak didera sederet penyakit "khas" India mulai dari malaria, tipus, dan TBC. Lalu, saat usianya 15 tahun, salah satu kakak iparnya yang mempelajari yoga mengundangnya untuk datang. Tujuannya agar kesehatan Iyengar membaik dengan berlatih yoga.

Gerakan-gerakan Yoga ala Legendaris Sang Master Yoga B. K. S. Iyengar yang Tersohor di seluruh Dunia

Iyengar mulai jatuh cinta dengan gerak tubuh asal India ini hingga menjadi guru yoga. Pada usia 19 tahun ia dikirim ke kota lain di India bernama Pune untuk mengajari yoga.
Pertemuan Iyengar dengan pemain biola Yehudi Menuhin membuat ajaran yoga Iyengar dikenal luas hingga Swiss pada 1954. Kemudian Iyengar mengunjungi negara-negara barat untuk memperkenalkan gerakan yoganya.

Iyengar pun mengembangkan yoganya. Ia mempelajari anatomi, fisiologi, dan fisiologi agar yoga bisa digunakan sebagai terapi. Terlebih setelah ia alami kecelakaan yang sebabkan punggungnya cedera, momen ini malah dijadikan Iyengar untuk mengeksplorasi penggunaan alat membantu orang disabel berlatih yoga.
BAGIKAN ARTIKEL INI JIKA BERMANFAAT:
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih
loading...