loading...

CARA MENGATASI TEKANAN DARAH TINGGI

 

CARA MENGATASI TEKANAN DARAH TINGGI




Tekanan darah tinggi atau Hipertensi adalah penyakit yang mengakibat Stroke, serangan jantung, gagal jantung dan penyakit ginjal. Penyakit ini juga akan mengakibatkan kematian bagi para penderitanya, oleh karna itu kita dianjurkan untuk hidup sehat dan mengatur pola makan sehari-hari. Perubahan pola makan dan gaya hidup dapat memperbaiki kontrol tekanan darah dan mengurangi resiko terkait komplikasi kesehatan.
Seperti yang kita ketahui di indonesia sangat banyak yang mengalami penyakit tekanan darah tinggi karna pola makan yang tidak teratur. Maka dari itu kami mempunyai 6 cara untuk mengatasi penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi  adalah sebagai berikut:
1.    Lemak dan kolesterol – Lemak dari makanan merupakan penyumbang kolesterol terbesar. Kolesterol yang berlebih dapat menempel pada permukaan dinding pembuluh darah. Hal ini menyebabkan pembuluh darah yang terluka karena gesekan darah, mengalami penumpukkan. Hal ini disebut dengan ateroklerosis. Yang perlu dihindari adalah bahaya  junk food.
2.    Garam – Memiliki sifat menahan air. Mengkonsumsi makanan yang diasinkan secara berlebihan, dengan sendirinya dapat menaikkan tekanan darah. Sehingga cara mengobati hipertensi yang terjadi, perlu pembatasan konsumsi makanan penyebab darah tinggi yang tinggi kandungan garam.
3.    Durian, Daging kambing, durian, dan alkohol – Penderita hipertensi perlu menjauhinya karena ketiga hal tersebut karena bersifat panas. Tekanan darah akan naik setelah memakan 3 jenis makanan tersebut, misalnya bahaya minuman keras yang dikonsumsi setiap hari.
4.    Olah raga – Cara mengatasi darah tinggi perlu menjalankan kegiatan olahraga setiap hari, hingga denyut jantung menjadi denyut maksimal untuk latihan. Misalnya usia 40 tahun, denyut nadi maksimal adalah 220-40 = 180, maka zone latihan yang dicapai adalah 70-85% dari 180 berarti 126-153 denyut per menit. Maka perlu 30-40 menit latihan aerobik.
5.    Kopi dan rokok – Bahaya kopi dan rokok, dapat merangsang ketagihan yang akhirnya menggangu aritmia jantung dan berbagai kerusakkan lainnya.
6.    Obesitas – Bahaya obesitas, meningkatkan massa tubuh karena jaringan lemak yang berlebihan. Cara menghitung berat badan relatif adalah misalnya berat 70 kg dan tinggi 172 cm, maka berat ideal adalah 90% x (172-100)= 64,8 kg. Sehingga dalam hal ini menunjukkan kelebihan berat badan sebanyak 70-64,8 kg= 5,2 kg.

Jika anda tidak ingin mengalami penyakit hipertensi ikutilah langkah-langkah diatas sebagai pencegahan supaya kita bisa menghindari penyakit yang berbahaya itu dan mengurangi penderita penyakit tersebut dinegara kita ini.
CARA MENGATASI TEKANAN DARAH TINGGI 4.5 5 ABD ABAS CARA MENGATASI TEKANAN DARAH TINGGI Tekanan darah tinggi atau Hipertensi adalah penyakit...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.