loading...

CONTOH PROPOSAL USAHA TOKO ELEKTRONIK

 

TUGAS MANDIRI

MANAJEMEN STRATEGI


Dibuat Oleh:
SUSILAWATI
21112002
Manajemen


UNIVERSITAS BATAM
2016

CONTOH PROPOSAL USAHA TOKO ELEKTRONIK


1.    Sejarah Singkat Toko Elektronik
Best camp computer adalah toko online berbasiskan penjualan perangkat elektronik yang berhubungan dengan komputer, laptop, smartphone dan sebagainya. Berdomisili di Batam, kian hari perkembangan toko komputer online ini kian pesat.
Sebagai salah satu toko terbesar dibatam, Best camp computer terus melakukan pembenahan terhadap apa saja yang menyangkut pihaknya. Sektor yang kian difokuskan untuk diperbaiki adalah pelayanan. Best camp computer mencoba memberikan pelayanan optimal kepada setiap konsumen.
Salah satu bentuk pelayanan optimal dari Best camp computer adalah pengembangan lokasi toko secara offline di dua kota besar di Jawa Tengah. Kota yang dijadikan singgasana penjualan perangkat elektronik tersebut antara lain: Solo dan Purwakarta.
Seiring berkembangnya waktu, toko komputer online ini pun berhasil menjaring banyak sekali konsumen baik online maupun offline. Terlebih dengan respon positif dari konsumen yang semakin meyakinkan anda apabila ingin mencoba berbelanja laptop murah online.
Nah, bagi anda yang ingin membeli laptop atau perangkat lain seperti komputer rakitan di Best camp computer, maka sebaiknya anda simak terlebih dahulu ulasan singkat mengenai sejarah Els computer berikut ini.
Bergerak sedemikian rupa dengan hanya melayani jasa perbaikan komputer. Namun seiring meningkatnya permintaan konsumen di Batam dan sekitarnya, pihak toko membuka layanan baru untuk menjual komputer. Setelahnya, baru pada 2012 Best camp computer menyediakan perangkat laptop dan notebook.

Kemudian membuka cabang yaitu di Solo dan Purwakarta. Hingga saat ini telah banyak konsumen yang memercayakan segala hal berkaitan dengan perangkat elektronik berbasiskan teknologi canggih kepada Best camp computer. (Baca juga tentang: Spesifikasi Komputer Rakitan Game Murah)
Nah, secara garis besar best camp computer dapat anda jadikan andalan untuk menyuplai berbagai macam perangkat laptop, netbook, smartphone, tablet, komputer rakitan dan sebagainya.  Apa pun tidak perlu bersusah payah pergi ke luar rumah, anda dapat dengan mudah melakukan order.
2.    Visi dan Misi
Adapun tujuan utama toko terbagi menjadi dua yaitu : tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang. Untuk tujuan jangka pendek, tujuan yang ingin dicapai perusahaan adalah sebagi berikut :
a.         Memberikan kepuasan kepada konsumen, dengan memberikan produk yang berkualitas dengan harga yang terjangkau.
b.        Mendistribusikan produknya secara seimbang pada setiap wilayah pemasaran secara tepat waktu agar kesediaan produk dapat selalu terjaga
Sedangkan untuk tujuan jangka panjang, yang ingin dicapai perusahaan adalah sebagai berikut :
a.         Mempertahankan konsumen yang telah ada dan mencari konsumen baru agar dapat mencapai tujuan akhir pemasaran yaitu memperoleh daya saing yang tinggi.
b.        Memperoleh Laba maksimum sehingga kontinuitas toko dapat terjaga

3.        Lokasi Usaha
Lokasi yang dipilih merupakan tempat yang strategis di Ruko-ruko perumahan Komp. Tembesi Centre karena berada tidak jauh dari Mall TOP 100, lokasi mudah terlihat dan berada di jalan utama yang merupakan jalan lalu lalang masyarakat sekitar sehingga dapat dengan mudah dicari dan didatangi.
4.        Waktu Operasional 
Waktu untuk melakukan pelayanan usaha ini dibuka dari pukul 08.00 pagi sampai dengan pukul 17.00 sore.

5.        Jumlah Tenaga Kerja/karyawan
Jumlah karyawan yang ada di Best camp computer adalah 22 serta  tugas dan tanggung jawab sebagai berikut:
1.      Bagian jaga toko       
2.      Bagian Advertising / Promotion
3.      Bagian Gudang
4.      Bagian Pembukuan
5.      Bagian Account Payable  
6.      Bagian Account Receiveable
7.      Bagian Kasir
8.      Bagian Inventori
9.      Bagian Sales Admin
10.  Bagian Konsumen
11.  Bagian Store

6.        Konsep Promosi   
Membuat sebuah display di pintu gerbang perumahan dan mengandalkan informasi dari pelanggan ke pelanggan serta menyediakan brosur promosi.  Selain itu, kami juga membuat advertisement secara on-line di internet agar bisa dijangkau masyarakat luas dengan cara melakukan transaksi atau pun bisnis on-line. Dengan cara ini kami optimis Best camp computer akan lebih mudah dan cepat dikenal oleh masyarakat.

7.    Target Pelanggan
Target pelanggan Best camp computer adalah : seluruh kalangan masyarakat yang membutuhkan perangkat keras komputer dan perangkat lunak, serta kawasan perkantoran guna untuk memenuhi kebutuhan dari sistem komputerisasi masing-masing, dan mengembangkan dan memperbaiki serta meningkatkan sistem komputernya.
8.        Analisis Persaingan    
Berdasarkan pemantauan dan hasil survey yang ada bahwa di sekitar lokasi tempat yang kami dirikan usaha perlengkapan alat-alat perangkat keras komputer (hardware) dan perangkat lunak (software) ini masih belum terdapat sebuah tempat usaha jenis tersebut yang bergaransi resmi dan legal, maka dari itu kami ingin membangun usaha tersebut dengan bergaransi resmi dan legal serta dengan suasana yang nyaman dan kekeluargaan

9.        Segmentasi Pasar
yang akan dimasuki    Best camp computer membidik pasar dengan pemberian harga yang terjangkau dan tidak menyulitkan serta bergaransi resmi. Pada prinsipnya kami akan membuka usaha ini dengan suasana kekeluargaan dan pelayanan yang baik, sehingga membuat masyarakat merasa puas dengan layanan kami dan senantiasa kembali ke tempat kami. Karena segmen pasar usaha ini cenderung banyak sehingga hal ini dapat memicu persaingan dengan usaha sejenis lainnya.    Pada awalnya pemenuhan permintaan perlengkapan alat-alat komputer dapat dipenuhi, akan tetapi dengan semakin tinggi perkembangan teknologi, maka kemampuan kami untuk memenuhi kebutuhan pasar semakin rendah. Hal ini mendorong kami untuk melakukan pelayanan yang baik dan dapat memenuhi kebutuhan pasar.

10.    Analisis SWOT
Evaluasi tentang kelemahan Usaha (Analisis SWOT)
Strength (Kekuatan) 
1. Bertanggung jawab, disiplin kerja, kreatif dan inovatif 
2. Dapat memenuhi kebutuhan pelanggan 
3. Memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan 
4. Menjual produk yang berkualitas 

   Weaknes (Kelemahan)
1. Persaingan pasar dengan toko yang berskala sedang
2. Berubahnya kondisi perekonomian 
Oportunity (Peluang)
1. Dengan tetap manjaga mutu dan kualitas produk, kami yakin kami dapat bersaing walaupun harus bersaing dengan toko lain yang akan muncul di kemudian hari. 
2. Saat ini dengan belum adanya toko dengan bidang usaha sejenis Komputer,, didaerah tersebut membuat kami yakin bahwa kedepannya toko kami akan maju. 
     Threaty (Ancaman)
: Munculnya toko - toko baru yang sejenis yang berusaha menyaingi toko kami, dengan beraneka ragam promosi diskon. 
CONTOH PROPOSAL USAHA TOKO ELEKTRONIK 4.5 5 ABD ABAS TUGAS MANDIRI MANAJEMEN STRATEGI Dibuat Oleh: SUSILAWATI 21112002 Manajemen ...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.