loading...

Contoh Skripsi Full Bab 3 Metode Penelitian

 

Contoh Skripsi Full Bab 3 Metode Penelitian
BAB III
METODE PENELITIAN


3.1 Desain Penelitian 

      Desain penelitian adalah semua proses yang diperlukan dalam perencanaan dan pelaksanaan penelitian (Nazir, 2014: 70). Menurut Hasibuan (2007: 93) dalam melakukan suatu penelitian salah satu hal yang penting ialah membuat desain penelitian. Desain penelitian merupakan pedoman dalam melakukan proses penelitian diantaranya dalam menentukan instrumen pengambilan data, penentuan sampel, pengumpulan data, serta analisa data. Dengan pemilihan desain penelitian yang tepat diharapkan akan dapat membantu peneliti dalam menjalankan penelitian secara benar. Tanpa desain yang benar seorang peneliti tidak akan dapat melakukan penelitian dengan baik krena tidak memiliki pedoman penelitian yang jelas. 

       Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu penelitian yang kemudian diolah dan dianalisis untuk mengambil kesimpulan. Artinya penelitian yang dilakukan adalah penelitian yang menekankan analisisnya pada data-data numeric (angka) yang diolah dengan menggunakan metode penelitian ini, akan diperoleh hubungan yang signifikan antar variabel yang diteliti. Metode deskriptif merupakan metode yang digunakan untuk menggambarkan atau menganalisis suatu hasil penelitian tetapi tidak digunakan untuk membuat kesimpulan yang lebih luas (Sugiyono, 2005: 21).

Contoh Skripsi Full Bab 3 Metode Penelitian





3.2 Operasional Variabel

         Operasional variabel merupakan proses penguraian variabel penelitian ke dalam sub variabel, dimensi, indikator sub variabel, dan pengukuran. Adapun syarat penguraian operasionalisasi bila dasar konsep dan indikator masing-msaing variabel sudah jelas, apabila belum jelas secara konseptual maka perlu dilakukan analisis faktor. 

      Variabel penelitian adalah sesuatu yang akan menjadi objek atau sering juga sebagai faktor yang berperan dalam peristiwa atau gejala yang akan diteliti (Hasibuan, 2007:130).

    Berdasarkan judul penelitian yang diangkat yaitu “Pengaruh Cloud Comptuing Sebagai Media Penyimpanan Terhadap Keamanan Data Bagi Siswa SMK N 1 Batam”, maka variabel-variabel yang diteliti dapat dibedakan menjadi dua, yaitu: 
a) Variabel Bebas / Independent (variabel X) Variabel bebas adalah variabel yang mempengaruhi atau yang menjadi sebab perubahannya atau timbulnya variabel dependen (Sugiyono, 2012:59). Variabel bebas atau variabel independen dalam penelitian ini adalah cloud computing.
b) Variabel Terikat / Dependent (variabel Y) Variabel terikat adalah variabel yang dipengaruhi atau yang menjadi akibat, karena adanya variabel bebas (Sugiyono, 2012: 59). Variabel terikat atau variabel dependen dalam penelitian ini adalah keamanan data.

3.3 Populasi dan Sampel

3.3.1 Populasi

         Pengertian populasi menurut Sugiyono (2012: 80) adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas objek/subjek yang mempunyai kuantitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas sebelas yang ada di SMK N 1 Batam.

3.3.2 Sampel

Sampel adalah bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut, bila populasi besar, dan peneliti tidak mungkin memepelajari semua yang ada pada populasi, misalnya karena keterbatasan dana, tenaga dan waktu, maka peneliti dapat menggunakan sampel yang diambil dari populasi tersebut. Apa yang dipelajari dari sampel itu, kesimpulannya akan dapat diberlakukan untuk populasi. Untuk itu sampel yang diambil dari populasi harus betul-betul representatif (Sugiyono, 2012: 81). Sedangkan menurut Riduwan (2008: 56) sampel adalah bagian dari populasi yang mempunyai ciri-ciri atau keadaan tertentu yang akan diteliti. Tidak semua data dan informasi akan diproses dan tidak semua orang atau benda yang akan diteliti melainkan cukup dengan menggunakan sampel yang mewakilinya. Dalam hal ini pengambilan sampel harus representif disamping itu peniliti wajib mengerti tentang besar ukuran sampel dan karakteristik populasi dalam sampel. Untuk pengambilan jumlah sampel, dalam penelitian ini peneliti menggunakan rumus Slovin, yaitu sebagai berikut:


Rumus 3.1 Slovin



Keterangan:
n = Jumlah sampel
N = Jumlah populasi
e = Batas kesalahan maksimal yang ditolerir dalam sampel (5%)
Berdasarkan rumus Slovin, maka total ukuran sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
Dari hasil perhitungan diatas, maka jumlah sampel yang akan digunakan sebanyak 171,42 responden dan dibulatkan menjadi 171 responden dengan tingkat kesalahan pengambilan sampel sebesar 5%.

3.4 Teknik Pengumpulan Data

3.4.1 Kuesioner (Angket)

     Kuesioner merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijwabnya. Menurut Sugiyono (2012: 142) kuesioner dapat berupa pertanyaan atau pernyataan terbuka atau tertutup, dapat diberikan secara langsung atau dikirim melalui pos atau internet. Kuesioner merupakan teknik pengumpulan data yang efisien bila peneliti tahu dengan pasti variabel yang akan diukur dan tahu apa yang bisa diharapkan dari responden.

     Dalam penelitian ini, skala pengukuran data yang peniliti gunakan kuesioner adalah skala Likert. Skala Likert digunakan untuk mengukur sikap, pendapat, dan persepsi seseorang tentang suatu objek atau fenomena tertentu. Kuesioner dibuat dengan nilai satu 1-5 untuk mewakili pendapat responden seperti sangat setuju, setuju, cukup setuju, tidak setuju, dan sangat tidak setuju (Riduwan, 2008: 87).


3.5 Metode Analisis 

     Data Analisis data merupakan kegiatan setelah data dari seluruh responden atau sumber data yang lain terkumpul. Kegiatan dalam analisis data adalah mengelompokkan data berdasarkan variabel dan jenis responden, mentabulasi data berdasarkan variabel dari seluruh responden, menyajikan data tiap variabel yang diteliti, melakukan perhitungan untuk menjawab rumusan msalah dan melakukan perhitungan untuk menguji hipotesis yang telah diajukan (Sugiyono, 2012: 147). 3.5.1 Analisis Deskriptif

     Analisis deskriptif adalah statistik yang digunakan untuk menganilisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi (Sugiyono, 2012: 147). Statistik deskriptif hanya berhubungan dengan hal menguraikan atau memberikan keterangan mengenai suatu data atau fenomena dengan kata lain statistik deskriptif berfungsi menerangkan keadaan, gejala, atau persoalan. Jika terdapat penarikan kesimpulan pada statistik deskriptif hanya ditujukan pada data yang ada.

     Analisis deskriptif digunakan dengan menyusun tabel frekuensi distribusi untuk mengetahui apakah tingkat perolehan skor variabel penelitian masuk dalah kategori: sangat setuju, setuju, sukup setuju, kurang setuju, dan sangat tidak setuju. Selanjutnya menetapkan peringkat dalam setiap variabel penelitian dan dilihat dari perbandingan antara skor aktual dengan skor ideal, nilai aktual diperoleh melalui hasil perhitungan seluruh pendapat responden sesuai dengan klasifikasi bobot yang diberikan (1, 2, 3, 4,dan 5) sedangkan skor ideal diperoleh melalui perolehan prediksi nilai tertinggi dikali dengan jumlah kuesioner dan dikalikan dengan jumlah responden.


3.5.2 Uji Kualitas Data

3.5.2.1 Uji Validitas Data

Validitas data merupakan derajat ketetapan antara data yang sesungguhnya yang terjadi pada objek penelitian dengan data yang dapat dilaporkan oleh peneliti. Uji validitas data berguna untuk mengetahui apakah ada pertanyaan atau pernyataan pada kuesioner yang harus dibuang atau diganti karena dianggap tidak relevan (Umar, 2011:166). Menurut Arikuinto (2002: 19) validitas adalah suatu ukuran yang menunjukkan tingkat kesahihhan suatu instrumen penelitian. Suatu instrumen penelitian yang valid mempunyai validitas yang tinggi, sebaliknya instrumen yang kurang valid berarti memiliki validitas yang rendah.

Menghitung korelasi antar data pada masing-masing pertanyaan dengan skor total dapat dilakukan dengan memakai rumus korelasi pearson.
Contoh Skripsi Full Bab 3 Metode Penelitian 4.5 5 ABD ABAS Contoh Skripsi Full Bab 3 Metode Penelitian BAB III METODE PENELITIAN 3.1 De...


1 comment:

Powered by Blogger.