loading...

PENGARUH CLOUD COMPUTING SEBAGAI MEDIA PENYIMPANAN TERHADAP KEAMANAN DATA BAGI SISWA SMK N 1 BATAM

 

PENGARUH CLOUD COMPUTING SEBAGAI MEDIA PENYIMPANAN TERHADAP KEAMANAN DATA BAGI SISWA SMK N 1 BATAM


PENGARUH CLOUD COMPUTING SEBAGAI MEDIA PENYIMPANAN TERHADAP KEAMANAN DATA BAGI SISWA SMK N 1 BATAM

BAB I
PENDAHULUAN




1.1 Latar Belakang Penelitian


Pada saat ini perkembangan zaman sudah semakin maju, khususnya pada penggunaan teknologi komputasi yang semakin meningkat. Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi komputasi telah mencapai kemudahan dan kenyamanan yang luar biasa dalam melakukan kegiatan sehari-hari yang dianggap tidak mungkin dan dapat dikerjakan dalam waktu yang singkat. Keterbatasan penyimpanan data sering kita jumpai ketika kita akan menyimpan file-file yang akan kita pindahkan ke database internet seperti yang bisa kita lakukan saat ini dengan menyimpan data pada e-mail. Cara ini cukup disarankan untuk membuat kita tidak khawatir jika sewaktu-waktu kita kehilangan data, karena kita sudah mempunyai back-up data yang kita simpan pada e-mail.
Sistem teknologi yang sekarang ada sangat terbatas oleh ruang. Ruang yang dimaksud yaitu server yang dibutuhkan sebagai wadah untuk penyimpanan data serta berfungsi untuk meningkatkan kemampuan perangkat keras tersebut dalam rangka peningkatan proses komputasi sangatlah terbatas dan memerlukan biaya yang relatif mahal untuk menambah perangkat tambahan yang dibutuhkan. Memiliki ruang penyimpanan yang dapat menampung semua data merupakan sebuah tantangan besar. Data merupakan sesuatu hal yang sangat berharga khususnya bagi siswa sekolah yang menginginkan datanya ada saat dibutuhkan secara terstruktur pada suatu sistem.
Permasalahannya bagaimana mengubah cara penyimpanan data saat ini dari berbasis desktop berpindah ke awan (cloud) sehingga tidak lagi terikat pada satu alat (device) penyimpanan. Dengan ukuran data yang semakin hari semakin meningkat sungguh tidak relevan lagi jika memilih untuk menambah perangkat baru selain dengan harga yang relatif mahal juga kenyamanan serta kemudahan untuk dapat diakses kapan dan dimanapun akan terbatasi. Dari permasalahan tersebut didapatkan sebuah solusi yang memanfaatkan perkembangan teknologi penyimpanan di awan atau dikenal dengan istilah cloud computing.
Cloud computing adalah komputasi berbasis internet yang merupakan gabungan dari banyak server untuk menyediakan sumber daya supaya dapat dimanfaatkan bersama-sama (Tutang, 2014: 1). Cloud computing merupakan sebuah konsep teknologi yang memungkinkan para pengguna komputer menggunakan produk-produk IT dalam sebuah service.
Cloud computing memiliki banyak keuntungan dibandingkan dengan penyimpanan data secara tradisional. Data yang disimpan pada cloud computing akan dapat diakses dimana saja serta kapanpun. Cloud computing akan diintegrasikan keberbagai perangkat untuk mendapatkan kemudahan pengaksesan seperti ke perangkat mobile (smartphone), tablet serta personal komputer.
Menurut Waloeyo, Y.J (2012: 1) komputasi awan (cloud computing) adalah gabungan antara pemanfaatan teknologi komputer dengan pengembangan berbasis internet. Awan (cloud) adalah metafora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan pada diagram jaringan komputer. Selain seperti awan dalam diagram dalam jaringan komputer, awan (cloud) dalam cloud computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya.
Perkembangan teknologi saat ini berkembang sangat pesat dan penggunaannya diseluruh dunia terus meningkat. Hal ini sangat memacu perkembangan perangkat lunak (software) ataupun perangkat keras (hardware) dalam kurun waktu yang singkat. Komputasi awan atau yang lebih dikenal dengan sebutan cloud computing telah menjadi topik menarik dan penting dalam perkembangan dunia teknologi informasi.
Implementasi cloud computing pada sebuah instansi sangat penting dilakukan mengingat telah disebutkan bahwa dengan cloud computing akan diuntungkan karena tingkat efekitfitas dan efisiensi yang dijanjikannya. Akan tetapi penerapan cloud computing bukanlah suatu yang mudah. Proses implementasi dari cloud computing membutuhkan pemahaman yang lebih baik.
Pengetahuan tentang cloud computing dapat memberikan informasi yang lebih tentang definisi, arsitektur dan model-model delivery service yang dimilikinya. Isu dari cloud computing saat ini adalah efisiensi dan kelincahan dari sistem yang dimilikinya. Sistem ini juga sekaligus dapat meningkatkan kehandalan dan pengendalian yang lebih baik. Pada setiap pengembangan desain dari cloud computing perlu dipertimbangkan penggunaan istilah-istilah yang benar, sehingga penggunanya dapat merasa nyaman dan tidak ragu-ragu dalam mengadopsi layanan-layanan yang akan dikirimkan kepada mereka oleh para penyedia jasa. Oleh karena itu, diperlukan cara efektif untuk mendistribusikan cloud computing kepada penggunanya.
Dalam hal ini banyak siswa sekolah khususnya siswa SMK N 1 Batam telah menggunakan layanan penyimpanan data yang disediakan oleh google, yaitu google drive sebagai media penyimpanan komputasi awannya. Google drive memberikan layanan kepada pengguna komputer untuk menyimpan foto, dokumen dan video sejumlah apapun dan kapanpun di server google. Google drive juga terintegrasi dengan google Docs, aplikasi pengolah data dokumen, spreadsheet dan presentation yang memudahkan pengguna dalam melakukan pengelolaan data. Dengan terintegrasinya google drive menggunakan aplikasi pengolah data, dokumen yang disimpan dapat langsung diedit dan disimpan secara online. Namun kapasitas yang diberikan oleh google drive secara gratis hanya 5 Giga Byte. Dengan kapasitas yang dibatasi, mungkin ini tidak dapat menampung seluruh data yang dimiliki pengguna. Kecepatan akses internet juga menjadi salah satu masalah saat ini. Untuk mengakses sebuah media penyimpanan awan diperlukan kecepatan internet yang stabil, terutama pada saat upload dan download data. Selain itu jika internet sedang mengalami gangguan, maka pengguna tidak dapat mengakses informasi atau data yang dismpan di server cloud.
Security atau keamanan data juga menjadi masalah utama dalam pengembangan teknologi berbasis cloud computing. Pengguna dalam cloud computing mempunyai resiko yang akan dihadapi antara lain adanya kemungkinan kehilangan data dan adanya pihak lain yang dapat menyusup dan mengakses layanan cloud computing yang bukan haknya sehingga dapat mengancam kerahasiaan data pengguna.Secara umum keamanan data adalah suatu cara untuk melindungi data dari ancaman baik dalam bentuk kesengajaan atau pun tidak. Ada banyak aspek yang dapat dilihat dalam mengkaji celah keamanan pada cloud computing. Misalnya berdasarkan model layanan-layanan pada cloud computing dapat dilihat apakah celah keamanan jaringan informasi tersebut berada pada model layanan Software as a Service, dan atau Platform as a Service, dan atau Infrastructure as a Service.
Menurut Stalling (2006: 1), keamanan komputer adalah kumpulan peranti yang dirancang untuk melindungi komputer sehingga data pada komputer terlindungi sedangkan keamanan jaringan adalah kumpulan peranti yang dirancang untuk melindungi data ketika transmisi terhadap ancaman pengaksesan, pengubahan dan penghalangan oleh pihak yang tidak berwenang. Keamanan data adalah suatu cara untuk memastikan bahwa data tetap aman dari perubahan serta bahwa akses ke data tersebut terkendali dengan semestinya baik pada perangkat komputer maupun dalam transmisi pada jaringan atau sebuah server.
Berdasarkan uraian di atas Penulis tertarik untuk membuat penelitian dengan judul “PENGARUH CLOUD COMPUTING SEBAGAI MEDIA PENYIMPANAN TERHADAP KEAMANAN DATA BAGI SISWA SMK N 1 BATAM”.






1.2 Identifikasi Masalah


Berdasarkan  latar belakanng penelitian di atas, peneliti mengidentifikasi masalah yang ada sebagai berikut:
1)      Kapasitas yang disediakan media penyimpanan cloud computing secara gratis masih terbatas.
2)      Kecepatan akses internet yang kurang stabil menjadi masalah saat upload dan download data.
3)      Proses implementasi dari cloud computing masih membutuhkan pemahaman yang lebih baik.
4)      Keamanan data menjadi masalah utama dalam pengembangan teknologi berbasis cloud computing.



1.3  Pembatasan Masalah


Berdasarkan masalah yang ada maka Penulis membatasi penulisan yang dikarenakan adanya keterbatasan waktu, pikiran, dan sarana yang ada, maka Penulis membatasi masalah penelitian ini sebagai berikut:
1)      Penelitian ini diterapkan pada siswa SMK N 1 Batam.
2)      Penelitian ini hanya membahas tentang penggunaan cloud computing dan keamanan datanya.
3)      Penelitian ini hanya membahas pengaruh cloud computing sebagai media penyimpanan terhadap keamanan data bagi siswa SMK N 1 Batam.
1.4  Perumusan Masalah


Dari latar belakang yang telah dijelaskan di atas, maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut:
1)      Bagaimana penggunaan cloud computing sebagai media penyimpanan data bagi siswa SMK N 1 Batam?
2)      Bagaimana keamanan data pada media penyimpanan cloud computing?
3)      Bagaimana pengaruh cloud computing sebagai media penyimpanan terhadap keamanan data siswa SMK N 1 Batam?



1.5  Tujuan Penelitian


Berdasarkan perumusan masalah tersebut, maka dapat disusun tujuan dari penelitian ini adalah:
1)      Untuk mengetahui bagaimana penggunaan cloud computing sebagai media penyimpanan data bagi siswa SMK N 1 Batam.
2)      Untuk mengetahui bagaimana keamanan data pada media penyimpanan cloud computing.
4)      Untuk mengetahui bagaimana pengaruh cloud computing sebagai media penyimpanan terhadap keamanan data siswa SMK N 1 Batam.






1.6  Manfaat Penelitian



1.6.1    Manfaat Teoritis


1)      Bagi penulis, berharap dari penelitian ini akan mampu menambah wawasan serta lebih mengerti  dah memahami teori-teori yang didapat selama proses perkuliahan yang berhubungan dengan cloud computing dan keamanan data.
2)      Menambah pengetahuan, pengalaman, dan wawasan, serta bahan dalam penenrapan ilmu metodologi penelitian, khususnya mengenai gambaran pengaruh cloud computing terhadap keamanan data.



1.6.2    Manfaat Praktis


1)      Bagi almamater, penelitian ini dapat menambah referensi yang ada dan dapat digunakan oleh semua pihak yang membutuhkan. Penilitian ini juga diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran terutama dalam ilmu teknologi informatika.
2)      Bagi pembaca, penelitian ini diharapkan memberikan sumbangan kepustakaan yang merupakan informasi tambahan yang berguna bagi pembaca dan dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi pihak-pihak yang mempunyai permasalahan yang sama atau ingin mengadakan penelitian lebih lanjut.

3)      Penelitian ini juga diharapkan dapat menggambarkan faktor-faktor yang berhubungan dengan pengaruh cloud computing terhadap keamanan data.
PENGARUH CLOUD COMPUTING SEBAGAI MEDIA PENYIMPANAN TERHADAP KEAMANAN DATA BAGI SISWA SMK N 1 BATAM 4.5 5 ABD ABAS PENGARUH CLOUD COMPUTING SEBAGAI MEDIA PENYIMPANAN TERHADAP KEAMANAN DATA BAGI SISWA SMK N 1 BATA...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.