Forum Jual Beli Terpercaya

Forum Jual Beli Terpercaya
Pusat Handphone dan laptop Seken Singapore

Contoh Skripsi: Pengaruh Penggunaan Estrak Apel Hijau Terhadap Pengurangan Ketombe Di Kulit Kepala Berminyak

BAB I
PENDAHULUAN

Latar Belakang Masalah 
Indonesia terletak didaerah beriklim tropis, suhu tinggi, dan udara lembab. Kondisi iklim serta cuaca yang tidak menentu ini dapat menyebabkan berbagai masalah bagi rambut dan kulit kepala, terutama pada kulit kepala yang berminyak. Salah satu masalah rambut dan kulit kepala yang muncul adalah ketombe. Seperti yang dikemukakan oleh Ning Harmanto (2006) stress psikis, ras, genetik, iklim, cuaca, obat-obatan kosmetika rambut, dan kebersihan kulit kepala yang buruk, serta meningkatnya produksi minyak dikulit kepala dan mikroorganisme di kulit kepala juga dapat menyebabkan terjadinya ketombe. 

Ketombe merupakan penyakit kulit kepala yang bersifat universal atau umum  baik pria maupun. wanita dan dapat ditemukan di daerah tropis dan bertemperatur tinggi termasuk di Indonesia. Kondisi kulit kepala yang mudah berkeringat dan lembab serta kebersihan dirii yang kurang terjaga karana kurangnya pengetahuan tentang kesehatan rambut dan kulit kepala merupakan faktor yang dapat memungkinkan berkembangnya pertumbuhan jamur penyebab penyakit kulit kepala atau ketombe pada kulit kepala. 

Ketombe menimbulkan serpihan-serpihan putih yang seringkali mengganggu dalam penampilan. Tidak heran jika ketombe dapat membuat penderitanya tidak nyaman karna rasa gatal yang ada pada kulit kepalanya serta dapat membuat penderitanya menjadi tidak percaya diri karna serpihan-serpihan putih yang dapat terlihat pada rambut kepala. 

Factor-faktor penyebab terjadinya ketombe pada kulit kepala adalah salah dalam pencucian rambut, sering mencuci rambut, mengalami proses kimia yang berlebihan. Selain itu terjadinya ketombe pada kulit kepala juga dapat disebabkan oleh infeksi kulit kepala sebagai akibat dari minyak atau lemak yang berlebih pada kulit kepala. 

Kulit kepala yang berminyak menyebabkan kondisi kulit kepala menjadi lembab, daerah yang lembab merupakan tempat berkembangnya bakteri dan jamur. Infeksi bakteri dan jamur pada kulit kepala menyebabkan pengelupasan lapisan kulit kepala. 

Pengobatan pada kulit kepala berketombe tidak hanya dilakukan secara kimiawi saja, tetapi dapat menggunakan cara alami. Pengobatan dapat dilakukan dengan mengurangi infeksi bakteri atau jamur. Deasti Cahya (2014) berpendapat bahwa zat yang terkandung dalam bahan kosmetka yang dapat menghilangkan ketombe antara lain adalah zinc akan tetapi selain kandungan zinc seperti zat polifenol, asam lemak esensial salah satunya omega-6, zat besi, vitamin B kompleks, terutama B2 dan B6 serta vitamin C juga dapat membantu menghilangkan ketombe. Berdasarkan hal tersebut, pengobatan pada kulit kepala berketombe dapat dilakukan secara alami dengan menggunakan buah yang mengandung zat tannin, vitamin B2 dan B6 serta vitamin C yaitu apel. 

Buah apel merupakan buah yang banyak diminati dan dikonsumsi diberbagai Negara salah satunya adalah Indonesia, di Indonesia buah apel dapat tumbuh dan berkembang dengan baik karena buah apel dapat tumbuh di daerah tropis oleh karena itu banyaknya buah apel yang dijual belikan di pasar swalayan maupun pasar tradisional. Berdasarkan catatan Departemen Pertanian Amerika menuliskan, varietas apel yang tumbuh di seluruh dunia ada sekitar 7000 jenis, baik hasil silangan maupun jenis yang masih liar di hutan. Bentuk, ukuran, warna, rasa, dan tekstur masing-masing dari jenis buah apel beraneka ragam. Diantara jenis-jenis buah apel yang ada di pasaran dan dibudidayakan di Indonesia antara lain  adalah apel golden delicious, apel braeburn, apel honeycrisp, apel cripps pink, apel cameo, apel malang, apel fuji, apel rome beauty, apel granny smith, apel gala red, apel washington, dan apel manalagi. Beberapa diantara jenis-jenis buah apel terdapat apel hijau yaitu apel malang, apel manalagi, dan  apel granny smith.

Kandungan pada buah apel adalah vitamin, mineral, fitokimia, serat, tannin, baron, asam D-glucaric, quercetin, asam tarar dan  flavonoid (Rio Ramadhan, 2013). Buah apel mempunyai banyak manfaat, antara lain; penurun kolesterol dalam darah, penurun tekanan darah, penstabil gula darah, antikanker, dan buah andalan bagi yang sedang menjalankan diet menurunkan berat badan karna buah apel kaya akan seratnya. Apel hijau dapat mengobati ketombe karena berkhasiat, serta bahannya mudah didapat dipasaran. Penggunaan apel hijau dalam mengobati ketombe salah satunya adalah dengan menggunakan ekstrak apel hijau. Hasil ekstraknya dapat dibuat dalam sediaan hair tonic. 

Hair tonic adalah cairan perangsang penumbuh rambut yang biasanya berbahan dasar tumbuh-tumbuhan, seperti ekstrak ginseng atau biji-bijian dan daun. Hair tonic merupakan obat penyubur rambut yang digunakan untuk memperkuat akar rambut, merangsang tumbuhnya rambut, menghilangkan kotoran pada kulit kepala dan rambut, memperlancar peredaran darah serta membantu melumasi rambut.

Berdasarkan uraian di atas, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian pengurangan ketombe pada kulit kepala berminyak dengan memanfaatkan ekstrak apel hijau. Penelitian ini diharapkan dapat menemukan cara mudah, sederhana, dan efektif bagi penderita ketombe sehingga dapat disosialisasikan kepada masyarakat umum.

Contoh Skripsi: Pengaruh Penggunaan Estrak Apel Hijau Terhadap Pengurangan Ketombe Di Kulit Kepala Berminyak


Identifikasi Masalah
Ketombe merupakan salah satu masalah kulit kepala yang cukup besar di kalangan wanita maupun pria karena menimbulkan serpihan-serpihan putih yang menempel pada baju seringkali mengganggu dalam penampilan, serta dapat membuat rasa gatal pada kulit kepala penderitanya. Maka dari itu diperlukan suatu usaha untuk mengurangi ketome di kulit kepala berminyak. Buah apel merupakan buah yang banyak diminati dan dikonsumsi diberbagai Negara salah satunya adalah Indonesia. Buah tersebut memiliki kandungan zat tannin sehingga dapat digunakan untuk mengurangi ketombe. Penggunaan buah apel dalam penelitian ini diperlukan tahap ekstraksi kemudian dibuat dalam sediaan toner. Berdasarkan latar belakang di atas, maka diidentifikasikan beberapa pokok permasalahan, sebagai berikut:
Apakah ekstrak apel hijau dapat mengurangi ketombe pada kulit kepala berminyak ?
Adakah pengurangan ketombe pada kulit kepala berminyak dengan menggunakan ekstrak apel hijau  ?
Adakah perbedaan hasil pengurangan ketombe pada kulit kepala berminyak antara yang menggunakan bahan kimia dan bahan alami ?

Pembatasan Masalah 
Dari berbagai permasalahan yang telah di identifikasi dan berdasarkan latar belakang di atas serta terbatasnya waktu, biaya, kemampuan dan tenaga, maka penulis membatasi masalah ini tentang Pengaruh Penggunaan Estrak Apel Hijau Terhadap Pengurangan Ketombe Di Kulit Kepala Berminyak.

Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka masalah penelitian ini dirumuskan sebagai berikut : “Adakah Pengaruh Penggunaan Estrak Apel Hijau Terhadap Pengurangan Ketombe Di Kulit Kepala Berminyak ? “

 Tujuan Penelitian 
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan ekstrak apel hijau terhadap pengurangan ketombe pada kulit kepala berminyak.

Kegunaan Penelitian 
Penelitian ini  diharapkan dapat bermanfaat untuk :
Menambah pengetahuan serta wawasan bagi peneliti tentang pengaruh penggunaan ekstrak apel hijau terhadap pengurangan ketombe pada kulit kepala berminyak
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi dan gambaran kepada para peneliti dan masyarakat mengenai kemampuan kandungan ekstrak apel hijau terhadap pengurangan kadar ketombe pada kulit kepala berminyak
Dapat memberikan alternatif baru dalam pengurangan ketombe pada kulit kepala berminyak yang dapat menggunakan bahan dari buah-buahan.

0 Response to "Contoh Skripsi: Pengaruh Penggunaan Estrak Apel Hijau Terhadap Pengurangan Ketombe Di Kulit Kepala Berminyak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel