Forum Jual Beli Terpercaya

Forum Jual Beli Terpercaya
Pusat Handphone dan laptop Seken Singapore

TERBARU: CONTOH SKRIPSI LENGKAP BAB 1 MANAGEMENT (Sumber Daya Manusia)

BAB 1

PENDAHULUAN

 TERBARU: CONTOH SKRIPSI LENGKAP BAB 1 MANAGEMENT (Sumber Daya Manusia)

1.1              Latar Belakang Masalah
Zaman ini persaingan sangatlah ketat dalam sebuah bisnis. Meningkatnya kebutuhan masyarakat yang keinginannya semakin meningkat dan seringnya bertambah jumlah perusahaan di dunia sehingga menjadikan sebuah perusahaan harus lebih mengembangkan perusahaan agar dapat meningkatkan perusahaan untuk bersaing dengan perusahaan lain. Keberhasilah sebuah perusahaan tidak hanya dapat di ukur dari seberapa besar nilai pendapatan yang perusahaan dapatkan melainkan pengaruh dari SDM ( Sumber Daya Manusia) sangatlah besar dan sangatlah penting untuk keberhasilan perusahaan. Baik buruk nya SDM ( Sumber Daya Manusia ) akan mempengaruhi keberhasilan perusahaan, jika SDM ( Sumber Daya Manusia ) yang terdapat di perusahaan bermutu dan berkualitas maka akan berpengaruh baik untuk perusahaan dan besar peluang untuk dapat terus meningkatkan perusahaan untuk mencapai keberhasilan tujuan perusahaan, namun jika SDM ( Sumber daya Manusia ) kurang bermutu dan kurang berkuaitas maka akan mempersulit dan memperlambat perusahaan untuk meningkatkan perusahaan dan menyebabkan kalah saing dengan perusahaan lain.  SDM ( Sumber daya Manusia ) adalah aset yang sangat beharga untuk sebuah perusahaan, sebuah perusahaan membutuhkan SDM ( Sumber daya Manusia ) yang berkualitas dan bermutu untuk perusahaan dan SDM ( Sumber Daya Manusia) membutuhkan perhatian dan binaan seperti memberikan masukan secara langsung disaat kerja berlangsung bagaimana kerja yang lebih baik, saling mengkritik dan mencontohkan bukan hanya mengkritik karena setiap SDM ( Sumber Daya Manusia ) tidak suka di kritik dan SDM ( Sumber Daya Manusia ) di berikan pelatihan program - program yang berkaitan untuk pengembangan SDM ( Sumber Daya Manusia ) agar pengembangan tidak hanya di dapatkan dari pengalaman kerja melainkan pembelajaran dari luar agar menambahkan kulitas dan mutu SDM ( Sumber Daya Manusia ) .  
PT.CIIberdiri sejak tahun 1974 yang berada di kota Jakarta, kemudian pindah ke kota Karawang pada tahun 1996. PT Canvas Industry adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang textil yaitu memproduksi terpal Cotton dan Syntesys cotton. PT Canvas Industry memiliki 100 karyawan yang mayoritas karyawan laki – laki dan telah mengalami penurunan kinerja mulai tahun 2014 - 2016. Penurunan tersebut dapat dilihat berdasarkan dari penurunan jumlah hasil produksi tahunan dalam 3 tahun terakhir dari tahun 2014 hingga 2016. Penurunan kinerja disebabkan oleh faktor displin kerja dan lingkungan kerja sehingga kinerja menurun dan mengakibatkan menurunnya hasil produksi dari target yang di inginkan perusahan.
Kualitas kinerja karyawan dapat diukur dengan penilaian disiplin kerja karyawan. disiplin kerja adalah suatu alat yang digunakan para manajer untuk berkomunikasi dengan karyawan agar mereka bersedia untuk mengubah suatu perilaku dan untuk meningkatkan kesadaran juga kesediaan seseorang agar menaati semua peraturan dan norma sosial yang berlaku di suatu perusahaan.
Disiplin merupakan perilaku kerja dari sikap mental yang terdapat dalam diri seseorang karyawan yang mempengaruhi kualitas kinerja karyawan. salah satu yang mempengaruhi disiplin kerja adalah hubungan erat antara karyawan dengan karyawan lainnya dan saling membantu antar sesama karyawan dan antar karyawan dengan atasan akan mempunyai pengaruh yang baik terhadap kepuasan kerja dan berujung output kinerja yang baik sehingga dapat memenuhi target dengan sesuai yang di harapkan. Disiplin yang baik mencerminkan besarnya tanggungjawab seseorang terhadap tugas – tugas yang diberikan kepada karyawan. kedisiplinan merupakan fungsi operatif Manajemen SDM ( Sumber Daya Manusia) yang terpenting karena semakin baik disiplin pegawai maka semakin tinggi prestasi kerja yang dapat dicapainya. Tanpa disiplin pegawai yang baik sulit bagi organisasi perusahaan mencapai hasil yang optimal.
Lingkungan kerja merupakan keadaan perusahaan baik secara fisik atau non fisik yang dapat di nilai menyenangkan, kenyaman, keamanan dan ketentraman. Lingkungan kerja sangat berpengaruh terhadap kinerja karyawan. lingkungan kerja yang nyaman, aman, berkebiasaan baik, tentram dan menyenangkan akan berpengaruh baik terhadap kinerja karyawan sehingga dilaksanakannya kerja akan bernilai baik dan hasil produksi perusahaan akan memuaskan, namun jika lingkungan kerja tidak nyaman, tidak aman, tidak tentram , berkebiasaan buruk, dan tidak menyenangkan maka akan berpengaruh kurang baik terhadap kinerja karyawan  sehingga hasil produksi yang di harapkan tidak sesuai dengan yang di harapkan.  Tri Widari (2016), lingkungan kerja memiliki beberapa indikator antara lain adalah suasana kerja, tersedianya fasilitas untuk karyawan dan hubungan dengan rekan kerja. Suasana kerja akan berpengaruh terhadap kinerja karyawan, tempat kerja yang nyaman sepeti memiliki sirkulasi yang cukup sehingga karyawan melaksanakan kerja dengan merasa nyaman, perlengkapan kerja yang baik agar kerja berjalan dengan lancar sehingga tidak ada hambatan dalam melaksanaan pekerjaan, adanya bagian kebersihan di bagian tempat kerja produksi agar kebersihannya selalu terjaga sehingga tempat kerja nyaman untuk di gunakan karena rata – rata perusahaan bagian kebersihan hanya di tempatkan di bagian atasan dan bagian bawahan tidak terdapat karyawan kebersihan sehingga harus merapihkan dan membersihkan sebelum dan sesudah kerja dengan individu karyawan. Lingkungan kerja dengan karyawan yang kebiasaan memainkan handphone dan ngobrol saat kerja berlangsung menjadikan kinerja kurang kondusif  sehingga karyawan tidak fokus dengan pekerjaannya.
Untuk menunjang proses dalam bekerja maka di perlukan fasilitas yang lengkap dan memadai. Fasilitas yang di butuhkan seperti kamar mandi yang nyaman, ketersediaannya P3K yang lengkap agar jika terjadi sesuatu tidak harus mencari keluar perusahaan karena sudah tersedia di perusahaan, ketersediaanya air minum yang cukup untuk menghindari dehidrasi karena keadaan perusahaan yang cukup panas, tempat penyimpanan barang (loker) yang aman agar tidak terjadi nya yang tidak diinginkan. Sebagian kecil dari fasilitas tersebut sangat di perlukan dalam sebuah perusahaan untuk memenuhi kebutuhan karyawan, sehingga terpenuhi nya fasilias karyawan maka karyawan akan nyaman dalam berkerja.
Dalam sebuah perusahaan di perlukan hubungan dengan rekan kerja untuk bekerjasama untuk menciptakan atau membentuk suatu nilai dengan pemahaman bahwa nilai tersebut dapat tercapai secara efisien apabila karyawan bekerjasama dari pada bekerja secara individul. Kesuksesan sebuah perusahaan sebenernya merupakan gabungan dari berbagai kesuksesan semua individu yang bergabung didalamnya.
Dalam menjalankan tugasnya setiap pegawai diharapkan dapat menyelesaikan tugasnya yang diberikan oleh atasan dengan baik dan sesuai yang diharapkan. Namun pada kenyataannya beberapa pegawai masih ada yang belum bisa bekerja dengan baik. Perusahaan sangat membutuhkan kinerja pegawai yang baik untuk dapat meningkatkan perusahaan agar dapat bersaing dan menjadi lebih unggul dari perusahaan lain. Kinerja merupakan suatu pekerjaan yang terdapat dari berbagai tugas yang menjelaskan apa dan bagaimana manusia melakukan usaha tersebut untuk pencapaian tujuan perusahaan. Untuk meningkatkan kinerja kinerja yang optimal perlu ditetapkan standar yang jelas, yang dapat menjadi acuan bagi seluruh pegawai. Kinerja pegawai akan tercipta jika pegawai dapat melaksakan tanggungjawabnya dengan baik, kinerja juga tidak terlepas dari kata disiplin kerja karena orang disiplin itu bias menyelesaikan suatu hal dengan tepat waktu  dan lingkungan kerja  karyawan nyaman adalah factor pendukung dari meningkatnya kinerja.
Berdasarkan pra-penelitian, peneliti menemukan adanya kekurangan menataati tatatertib, ketentuan – ketentuan perusahaan, disamping lingkungan kerja yang kurang nyaman serta keterbiasaan pegawai dalam lingkungan kerja yang mengakibatkan turunnya kinerja karyawan di PT CII Kemudian timbul pemikiran bagaimana keseluruhan faktor tersebut saling bekesinambungan sehingga mempengaruhi kinerja pegawai.
Berdasarkan uraian diatas maka perlu dilakukan penelitian dengan judul : “ Pengaruh Disiplin kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT.C I I”.



Identifikasi masalah merupakan kegiatan yang berupa mencari sebanyak-banyaknya masalah yang sekiranya dapat dicarikan jawabannya didalam penelitian. Sehingga penulis mengidentifikasi masalah yang terjadi sebagai berikut:
1.    Disiplin menjadi pusat perhatian dimana pengaruh disiplin berdampak pada kinerja karyawan di PT.CII.
2.    Terdapat permasalahan lingkungan kerja yang tidak nyaman.
3.    Kinerja yang menurun

1.3              Batasan Masalah
Batasan masalah merupakan kegiatan yang dilakukan dengan cara mengambil satu atau beberapa masalah terdapat didalam identifikasi masalah untuk diteliti selanjutnya. Diketahui bahwa kinerja  di PT.CII yang sangat menurun akhir-akhir ini, maka penulis membatasi masalah dengan mengambil data disiplin kerja, lingkungan kerja dan kinerja karyawan di di PT.CII di karenakan keterbatasan waktu dan biaya.

1.4              Rumusan Masalah Penelitian
            Manusia merupakan SDM ( Sumber Daya Manusia ) yang paling menentukan dalam mencapai tujuan yang diinginkan perusahaan. Permasalahan dari perusahaan ini adalah tinggi rendahnya kinerja karyawan, untuk suatu upaya yang dapat meningkatkan kinerja karyawan, dengan permasalah tersebut di duga faktor disiplin kerja dan lingkungan kerja mempunyai pengaruh terhadap kinerja karyawan.
            Berdasarkan permasalahan tersebut maka dirumuskan suatu pertanyaan penelitian sebagai berikut :
1.      Apa disiplin kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan di di PT.CII
2.      Apa lingkungan kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan di di PT.CII?
3.      Apa disiplin kerja dan lingkungan kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan di di PT.CII?

1.5              Maksud dan Tujuan Penelitian
Maksud dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran yang mendalam dan memberikan bukti empiris mengenai pengaruh  disiplin kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan.
Berdasarkan Latar belakang dan Rumusan masalah yang ada, maka penelitian ini dilakukan dengan tujuan :
1.      Untuk mengetahui pengaruh variabel disiplin kerja terhadap kinerja karyawan di di PT.CII
2.      Untuk mengetahui pengaruh variabel lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan di PT.CII
3.      Untuk Mengetahui pengaruh variabel disiplin kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan di di PT.CII.

1.6              Manfaat penelitian
            Manfaat – manfaat yang dari penelitian ini adalah sebagai beribut :
1.      Bagi penulis
Dapat menambah pengetahuan sebagai bekal dalam menerapkan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah dalam dunia kerja yang sesungguhnya.
2.      Bagi perusahaan
Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan informasi yang berharga bagi perusahaan dalam pengelolaan SDM ( Sumber Daya Manusia ) beserta segala kebijakan yang berkaitan langsung dengan aspek – aspek SDM ( Sumber Daya Manusia )secara lebih baik.
3.      Bagi pihak lain
Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah informasi dan referensi bacaan bagi semua pihak yang membutuhkan.

1.7              Tempat dan Waktu Penelitian
1.7.1        Tempat
Berdasarkan atas pertimbangan kebutuhan data yang diperlukan dalam penyusunan proposal skripsi ini, maka peneliti melakukan penelitian langsung di PT.CII (alamat lengkap pt)
1.7.2        Waktu Penelitian
Adapun jadwal penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah sebagai berikut :
No
Kegiatan
2017-2018
September
Oktober
November
Desember
Januari
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3

1
Penulisan Proposal




















2
Perbaiki Proposal




















3
Seminar Proposal




















4
Pengurusan Ijin




















5
Pelaksanaan Penelitian




















6
Penulisan dan perbaikan laporan




















7
Sidang Skripsi






















0 Response to "TERBARU: CONTOH SKRIPSI LENGKAP BAB 1 MANAGEMENT (Sumber Daya Manusia)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel